7 Bisnis yang cocok untuk pensiunan

Beberapa bisnis yang sangat cocok untuk pensiunan. Pensiun adalah suatu hal yang pasti dan tidak dapat dihindari ketika umur semakin menua sehingga mengakibatkan produktifitas menurun seringkali menjadi alasan dan peraturan perusahaan baik pemerintah maupun swasta untuk memensiunkan karyawan,nya dengan mengganti karyawan yang baru yang lebih produktif. Banyak perusahaan yang memberikan uang pesangon kepada karyawanya ketika sudah pensiun hal ini sebagai ucapan terima kasih perusahaan dan bisa digunakan untuk menjalani hari tua.

7 Bisnis yang cocok untuk pensiunan
7 Bisnis yang cocok untuk pensiunan

Usia tua bukan berarti hanya tinggal diam dan mengandalkan uang pensiunan atau berpangku tangan kepada sanak famili. Banyak bahkan orang yang sukses setelah pensiun karena menjalankan bisnis, bisnis untuk pensiunan tentu berbeda dengan bisnis orang usia produktif karena usia yang berbeda. Disini kami akan mengulas bisnis apa saja sih yang cocok untuk para pensiunan, berikut 5 bisnis yang cocok untuk pensiunan.

1. Bisnis Properti

Bisnis ini merupakan bisnis yang cukup diminati dan bisa dibilang menjanjikan karena tak pernah kehilangan konsumen dan harga tak pernah turun hampir selalu naik. Anda bahkan dapat menjalankan bisnis ini tanpa modal membeli properti dulu yaitu dengan cara jadi makelar atau developer rekanan atau persewaan properti. Uang pesangon yang anda miliki juga dapat dibelikan / di bangunkan kos kosan / kontrakan sehingga anda dapat menikmati uang bulanan kos-kosan anda. jadi bisa dibilang bisnis ini cocok sekali untuk pensiunan karena tidak dibutuhkan energi extra dan uang pesangon dapat digunakan untu modal bisnis properti. 

2. Bisnis dari Hobi

Bisnis ini adalah bisnis yang paling menyenangkan dibandingkan bisnis lainya karena dengan menjalankan bisnis ini anda dapat sekaligus menyalurkan hobi anda. contoh anda hobi memotret jadikan hobi anda sebagai bisnis seperti jasa fotografer misalnya, Hobi-hobi yang lain pasti ada peluang untuk dijadikan bisnis mungkin anda sendiri yang lebih paham masalah ini, bisa juga anda buka jual beli alat hobi dll

3. Bisnis Peternakan 

Dengan menjalankan bisnis peternakan di usia pensiun anda akan mendapat kesibukan yang menguntungkan, anda juga tidak akan merasakan kesepian karena hewan ternak anda selalu menemani anda meskipun tidak seperti manusia pada umumnya. Pemilihan hewan ternak yang cocok bisa jadi nilai plus dalam bisnis ini, ternak burung misalnya anda hanya perlu memberinya makan tiap pagi menjemur memandikan dll, nikmatilah anda akan senang dengan bisnis ini.

4. Membuka Kios dipasar / warung dirumah

Anda hanya perlu membuka kios / warung dan menjual barang dagangan yang biasanya sudah ada distributornya. Anda hanya perlu mencari channel distributor sebagai pemasok barang dagangan anda sehingga anda tinggal menjual produk mereka. Tak perlu terlalu mengejar untung seperti ketika anda muda setidaknya hasil dari jualan anda dapat memenuhi kebutuhan anda sehari-hari.

5. Membuka Bimbingan Belajar

Bagi anda pensiunan tenaga pengajar bisnis ini sangat cocok untuk anda karena ilmu yang anda miliki selama anda mengajar dulunya dan fleksibilitas waktu menjadi bahan pertimbangan yang cocok untuk menjalankan bisnis ini. Bisnis ini juga dapat mengingatkan anda ketika anda mengajar dulu, menjadi pengajar juga dapat mengasah otak anda sehingga dapat menunda pikun.

6. Membuka Usaha Rental Mobil

Usaha ini memang cukup membutuhkan modal yang tidak sedikit namun jika rental mobilnya laris bisnis ini bisa dibilang cukup menjanjikan. Peluang untuk bisnis ini masih terbuka lebar karena harga mobil yang belum terjangkau kalangan menengah kebawah dan kebutuhan pengguna mobil yang semakin tinggi. Namun perlu di ingat jika ingin membuka usaha ini harus menggunakan GPS pada setiap mobil agar keberadaan mobil dapat selalu dipantau.

7. Franchise / Waralaba

Bisnis ini tergolong lebih mudah dibanding bisnis yang lain karena dengan franchise kita hanya tinggal menyediakan modal dan tempat bisnis karena branding usaha, resep dll sudah ditangai oleh pemilik brand usaha. Usaha ini cocok untuk pensiunan karena tinggal mengawasi jalanya bisnis sembari menikmati masa pensiun.

Sebenarnya bisnis apapun yang akan anda jalankan setelah pensiun nanti itu bagus untuk mengisi hari-hari anda. Jangan terlalu mengejar hasil dan laba yang besar nikmatilah bisnis anda yang penting sudah bisa mencukupi kehidupan sendiri dan tidak bergantung pada sanak family bahkan lebih bagus lagi apabila dapat membagi rejeki anda kepada sanak family dan membuka lapangan pekerjaan.

2 comments