7 kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan

7 Kebiasaan buruk seseorang yang harus segera ditinggalkan. Semua manusia pasti punya kebiasaan, ketika kebiasaan yang dimiliki adalah kebiasaan baik itu tidak masalah malah seharusnya diteruskan, namun apabila kebiasaan buruk maka harus segera anda tinggalkan. Kebiasaan buruk memang sulit ditinggalkan apalagi apabila kebiasaan tersebut sudah melekat pada diri anda. Banyak sekali resiko baik secara lansung maupun tidak lansung, resiko jangka pendek maupun jangka panjang ketika anda meneruskan kebiasaan buruk anda seperti kesehatan akan terganggu, keuangan anda juga akan terganggu, hubungan anda juga bisa terganggu dan masih banyak lagi resiko ketika anda masih betah dengan kebiasaan buruk anda

7 kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan
7 kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan 

Menurut penelitian kebiasaan buruk dapat diatasi salah satunya dengan menyadarkan seseorang akan ancaman dari kebiasaan buruk yang biasa dilakukan. Lebih berbahaya lagi ketika anda tidak menyadari bahwa kebiasaan anda sehari-hari adalah suatu kebiasaan buruk. Mulai sekarang anda harus mulai memikirkan kehidupan anda apakah ada kebiasaan anda yang masuk dalam kategori kebiasaan buruk. Disini kami akan menjelaskan 7 kebiasaan buruk seseorang yang harus sesegera mungkin ditinggalkan.

1. Ingin Cepat atau Instan

Hal-hal yang berhubungan dengan instan sangat digemari sebagian besar orang, manusiawi memang namun kita terkadang mau tidak mau harus memahami bahwa tidak semua tujuan kita bisa kita dapatkan dengan cara yang cepat atau instan. Untuk menggapai tujuan kita membutuhkan usaha, doa, proses yang terkadang memang membutuhkan waktu yang lama namun percayalah dengan ucapan pepatah yang mengatakan. 
usaha tidak akan menghianati hasil
mari kita hilangkan kebiasaan ingin cepat atau instan dalam menggapai sebuah tujuan karena jika dibiarkan akan berdampak buruk pada diri kita sendiri bahkan orang lain di sekitar kita.

2. Tidak Disiplin 

Tidak disiplin sudah menjadi kebiasaan sebagian besar orang bahkan hingga ada slogan yang sangat tidak baik "peraturan dibuat untuk dilanggar". Orang-orang sukses di dunia biasanya memiliki sikap disiplin hal ini bisa kita lihat di beberapa negara maju didunia yang keseharian warganya sangat disiplin seperti jepang, amerika, singapura dll, hal itu yang seharusnya kita tiru marilah kita coba hilangkan kebiasaan tidak disiplin kita dan mari kita taati peraturan yang ada. Cara untuk menghilangkan kebiasaan tidak disiplin yaitu dengan cara menghukum diri kita sendiri apabila kita tidak disiplin.

3. Tidak Tepat Waktu

Tidak tepat waktu "jam karet" sering kita jumpai hampir disemua tempat hal ini adalah kebiasaan buruk yang seharusnya sejak lama ditinggalkan. Tidak tepat waktu jika terus kita jadikan kebiasaan akan berakibat tidak baik untuk kita. Waktu seharusnya menjadi hal yang sangat berharga dan tidak boleh kita sepelekan. Cara untuk menghilangkan kebiasaan buruk tidak tepat waktu dapat kita lakukan dengan menggunakan alarm, meminta bantuan orang lain untuk mengingatkan dll

4. Menyepelekan

Menyepelekan adalah kebiasaan yang sangat tidak baik jika diterus-teruskan terkadang hal yang kita sepelekan adalah hal yang dapat merubah hidup kita. Mari kita mulai menghilangkan kebiasaan buruk ini, mulailah memikirkan hal-hal kecil yang sering kita sepelekan seperti menempatkan barang pada tempatnya, merapikan tempat tidur dll.

5. Merokok

Sulit memang jika kita ingin move on dari kebiasaan ini apalagi jika kita sudah kecanduan dengan barang ini (rokok). Banyak sekali dampak negatif dari rokok bahkan dalam bungkus rokok sendiri sering kita temui himbauan seperti merokok dapat menyebabkan kangker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin. Jika diterus-teruskan maka kesehatan anda bisa terganggu tidak hanya kesehatan anda sendiri namun juga kesehatan orang-orang sekitar anda ketika anda sedang merokok.

6. Berbohong

Berbohong adalah suatu perbuatan yang tidak berbuat / mengatakan sejujurnya atau suatu perbuatan menutup-nutupi kebenaran. Kebiasaan ini bisa berdampak pada pertemanan anda karena tidak ada orang yang tidak mau berteman dengan pembohong karena takut akan dibohongi. Berbohong juga dapat merugikan diri anda sendiri maupun merugikan orang lain.

7. Sering Marah

Sering marah akan mengganggu emosional kita, membuat cepat tua, kehilangan teman, dan masih banyak dampak negatif lain ketika anda sering marah. Cobalah untuk tenang dan mengontrol emosi ketika anda mulai marah, tidak semua masalah dapat diselesaikan dengan marah-marah. Jika anda tidak dapat mengontrol emosi anda cobalah untuk berkonsultasi kepada psikiater agar dapat setidaknya mengurangi kebiasaan sering marah anda.

Tentu masih banyak kebiasaan buruk lainya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu namun kebiasaan buruk yang terus menerus dilakukan akan berdampak pada diri anda sendiri hingga bisa juga merugikan orang lain. Mari kita mulai perlahan untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini dari hal-hal kecil terlebih dahulu kita dapat menggantinya dengan kebiasaan baik.

0 comments