perubahan webservice vclaim bpjs akibat sistem rujukan berjenjang

Updatelagi.com - Sudah agak lama saya tidak menulis tentang Bridging SIMRS dengan Webservice BPJS, berkaitan dengan diberlakukanya rujukan berjenjang kali ini saya akan membahas tentang perubahan versi vclaim menjadi 1.4.0. Sebelum masuk ke pembahasan kita bahas dulu tentang apa itu rujukan berjenjang. Sistem rujukan berjenjang adalah sistem baru yang diterapkan oleh BPJS dimana pasien harus melewati RS tipe C / D terlebih dahulu sebelum dirawat di tipe A / B (berjenjang dari D -> C -> B -> A) dengan diterapkanya sistem ini diharapkan pasien tidak perlu ditangani oleh RS tipe A / B jika tipe C / D sudah dapat menangani pasien tersebut, Hal ini dimaksutkan agar BPJS dapat melakukan penghematan untuk pembayaran claim yg diajukan RS, dimana kita ketahui bersama bahwa suatu tindakan yang sama apabila dilakukan di RS tipe A / B BPJS harus membayar lebih mahal dari pada RS tipe C / D. Pasien yang selama ini di rawat di RS diharuskan memperbaharui surat rujukan dari faskes tingkat pertama jika tanggal surat rujukan sudah melewati 90 hari namun untuk kembali dirawat di RS tipe A / B pasien harus melewati RS tipe C / D dulu.

perubahan webservice vclaim bpjs akibat sistem rujukan berjenjang
perubahan webservice vclaim bpjs akibat sistem rujukan berjenjang

Dampak dari perubahan sistem rujukan berjenjang yang diberlakukan oleh BPJS adalah menumpuknya pasien ke RS tipe C / D karena setelah rujukan diperbaharui di faskes tingkat pertama pasien diharuskan ke RS tipe C / D terlebih dahulu. Dampak lain dari perubahan ini adalah pelayanan pendaftaran pasien yg kurang optimal karena beberapa RS yg biasanya sudah menggunakan bridging SIMRS dengan Webservice harus sementara waktu menggunakan aplikasi VClaim dari BPJS yg mengakibatkan belum terbiasanya petugas pendaftaran RS sembari menunggu tim IT masing-masing RS untuk melakukan perubahan pada kodingan maupun parameter bridging SIMRS dengan Webservice BPJS.

Terhitung sejak tanggal 15 Agustus 2018 aplikasi VClaim telah di update oleh BPJS Kesehatan setelah terbitnya peraturan baru tentang rujukan berjenjang. Hal ini berdampak pula pada webservice yg diubah versinya menjadi versi 1.1 akibat terjadinya perubahan ini banyak RS yang sebelumnya sudah lancar bridging SIMRS dengan webservice BPJS tiba-tiba harus segera menyesuaikan kodingan maupun parameter bridging.nya. Untuk melihat dokumentasi Webservice BPJS yang baru anda dapat mengakses pada link dibawah ini.

https://dvlp.bpjs-kesehatan.go.id/VClaim-Katalog/SEP

yang sebelumnya

http://dvlp.bpjs-kesehatan.go.id:8081/KatalogWsSEP/SEP

Saya tidak dapat memastikan apa saja perubahan yg terjadi karena dokumentasi yg sebelumnya sudah tidak dapat diakses namun ada beberapa perubahan yg cukup signifikan terkait perubahan ini salah satunya penggunaan https (Hypertext Trasfer Protocol Secure) penggunaan ini dimaksutkan untuk keamanan data selain penggunaan https ada juga beberapa fitur yang parameternya berubah namun saya tidak bisa menjelaskan apa saja fitur yg parameternya berubah.

Dari dokumentasi yang tersedia informasi yang saya dapat perubahan versi 1.1 yang sebelumnya 1.0 adalah sebagai berikut

  • Penambahan fitur perdir 2 tahun 2018 tentang penjaminan pelayanan katarak
  • Penambahan fitur perdir 3 tahun 2018 tentang Rehabilitasi Medik
  • Penambahan fitur perdir 5 tahun 2018 tentang penjaminan pelayanan persalinan
  • Penambahan fitur rujukan online
  • Penambahan fitur pencarian rujukan berdasarkan kartu
  • Penambahan fitur pencarian rujukan berdasarkan tanggal rujukan
  • Penambahan fitur kecelakaan lalulintas data suplesi
  • Penambahan fitur monitoring kecelakaan lalulintas data suplesi
  • Penambahan fitur monitoring histori pelayanan peserta
  • Penambahan fitur refrensi


Sedangkan untuk versi 1.0 atau versi sebelumnya adalah sebagai berikut

  • penambahan fitur lembar pengajuan klaim
  • penambahan fitur pembuatan rujukan antar RS dilengkapi dengan tipe rujukan
  • penambahan fitur pengajuan SEP dan aproval pengajuan SEP
  • penyempurnaan fitur pencarian peserta terkait denda premi PRB-Prolanis surat Dinsos
  • penambahan fitur poli eksekutif pada insert SEP
  • penyempurnaan fitur Insert, Edit, dan Delete SEP
  • penyempurnaan fitur rujukan faskes 1 dan faskes 2
  • Integrasi SEP pada aplikasi Inacbg
  • ketersediaan kamar

masalah yang sering ditemukan adalah 
  1. error akses denied SSL certified hal ini dapat diselesaikan dengan penambahan curl_setopt($ch,CURLOPT_SSL_VERIFYHOST,FALSE); pada script curl anda jika anda menggunakan php atau silahka pelajari tentang CURLOPT_SSL_VERIFYHOST pada masing-masing bahasa pemrograman yang anda gunakan
  2. error does not match target host name 'dvlp.bpjs-kesehatan.go.id' hal ini dapat di atasi dengan merubah base url api dari http://dvlp.bpjs-kesehatan.go.id:8081/devWslokalrest/ menjadi https://dvlp.bpjs-kesehatan.go.id/VClaim-rest/
  3. jika menemukan kesalahan lain silahkan masukkan kedalam kolom komentar yang tersedia dibawah ini.
cukup sekian penjelasan saya kali ini tentang perubahan webservice vclaim bpjs akibat sistem rujukan berjenjang. Apabila artikel ini bermanfaat dan ada yang ingin ditanyakan silahkan masukkan kedalam kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat :) 


0 comments